Tuesday, September 11, 2012

Bayi Menangis Bisa Tidur Pulas



Jika kita melihat bayi kita menangis, biasanya langsung kita gendong dan menenangkan nya sampai tertidur, nah kali ini lain ceritanya, jika bayi menangis bukan karena rasa sakit, atau menangis wajar, maka lebih baik didiamkan saja, karena bayi menangis sampai capek akan menyehatkan bayi, karena tidur bayi akan lebih berkualitas. Nah berikut liputan dari detik health.


Saat melihat bayi sedang menangis, naluri orangtua pasti ingin langsung menenangkannya agar segera tertidur pulas. Namun menurut para ahli, membiarkan bayi menangis sampai puas tidak masalah dan bahkan membuat tidurnya lebih nyenyak.

Tentunya tidak dibiarkan menangis sepanjang malam, kalau tidak berhenti juga maka tetap harus ditenangkan. Intinya adalah melatih bayi untuk mengendalikan tangisnya sendiri, sampai puas dan tertidur dengan sendirinya karena hal itu akan membuatnya lebih tenang.

Para ahli dari University of Melbourne menyebutnya sebagai teknik controlled crying atau tangisan yang terkontrol. Pelaksanaannya juga harus bertahap, misalnya dibiarkan 2 menit pada hari pertama, lalu 5 menit di hari kedua, 10 menit di hari ketiga dan seterusnya.

Teknik lainnya adalah dengan mendampingi si bayi saat sedang menangis. Oleh para ahli, teknik ini dinamakan camping out karena orangtua hanya perlu duduk sambil mengajari si bayi untuk mengontrol tangisannya sendiri sampai kelelahan dan akhirnya tertidur.

Sepintas teknik-teknik tersebut terkesan kejam karena kebanyakan orangtua pasti tidak tega melihat bayinya menangis. namun para ahli menegaskan asal tidak terlalu lama, maka membiarkan bayi menangis tidak akan memberikan risiko jangka panjang pada si bayi.

Bahkan kalau dibiarkan menangis dulu sampai puas, si bayi cenderung tidur lebih nyenyak dibandingkan kalau langsung ditenangkan dan dipaksa tidur. Bagi orangtua sendir juga menguntungkan, sebab kalau bayinya tidur nyenyak maka tidurnya sendiri juga akan terganggu.

"Bagi orangtua yang mencari pertolongan, teknik seperti ini aman digunakan. Jadi keluarga dan para profesional kesehatan benar-benar merasa nyaman menggunakannya," kata Dr Anna Price yang meneliti teknik ini seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (11/9/2012).

Namun ditegaskan sekali lagi, teknik mengontrol tangis bayi tidak berarti membiarkan si bayi terus-terusan menangis sepanjang malam. Lagipula kalau bayinya menangis terus, orangtua juga tidak akan bisa tidur karena berisik dan pastinya tidak tega mendengar jerit tangis buah hatinya.

Ditulis Oleh : admin // 6:01 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Sehat Jasmani Rohani 9 out of 10 based on 456 ratings. 300 user reviews.